Thursday 10 December 2020

Pentingnya Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak.


Keluarga adalah salah satu tempat yang memegang peranan penting dalam keberhasilan belajar anak, mengingat sebagian besar waktu dalam keseharian anak adalah bersama keluarga. Keluarga merupakan komunitas pertama bagi anak dalam interaksi.Interaksi antara orang tua dan anak berpengaruh terhadap pembentukan minat belajar anak.

Orang tua yang kurang bisa berkomunikasi dengan anaknya akan menimbulkan kerenggangan atau konflik hubungan, sebaliknya orang tua yang dapat menerima anaknya sebagaimana adanya, maka si anak cenderung dapat tumbuh, berkembang, membuat perubahan-perubahan yang membangun, belajar memecahkan masalah-masalah, dan secara psikologis semakin sehat, semakin produktif, kreatif dan mampu mengaktualisasikan potensi sepenuhnya.


Peran orang tua dalam hal pendidikan anak sudah seharusnya menjadi prioritas. Kadang kala orang tua tidak menyadari bahwa betapa pentingnya komunikasi dengan anakanak saat ada di rumah.Orang tua lebih mementingkan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga tanpa memikirkan bagaimana prestasi anak-anaknya di sekolah. Orang tua adalah orang yang seharusnya paling mengerti benar akan sifat-sifat baik dan buruk anaknya, apa saja yang mereka sukai dan apa saja yang mereka tidak sukai.

Peran komunikasi orang tua terhadap minat belajar anak belum maksimal dalam hal memberikan bimbingan atau dorongan dan komunikasi yang efektif terhadap minat belajar anak karena orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan yang mereka sedang lakukan demi memenuhi kebutuhan keluarganya dan kurangnya perhatian terhadap anak-anak sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan menonton televisi. Oleh karena itu, anak-anak menjadi susah diatur dan mulai masuk dalam kenakalan-kenakalan remaja yang berujung pada berkurangnya minat untuk belajar. Orang tua seharusnya bertindak seperti guru yang bersedia memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya karena itu merupakan modal besar bagi perkembangan anak kelak.

Dalam ilmu komunikasi, komunikasi adalah pertukaran berbagai pesan antara dua atau lebih. Mereka saling member informasi dalam kedudukan yang sama atau setara. Begitupun ketika berkomunikasi dengan anak, sangat penting artinya mendudukkan mereka selayak orang dewasa. Mereka butuh informasi dari orang tua dan orang tuapun butuh informasi dari mereka walaupun dengan banyak pengecualian.

Menurut Laynas Waun peneliti dari University of Arizona ada beberapa hal yang perlu dijaga dalam berkomunikasi orang tua dan anak, yakni:

  1. Mempertahankan kontak mata dengan anak,
  2. Mengajukan pertanyaan yang dirasa mereka sanggup mengerti,
  3. Benar-benar mengarahkan perhatian kepadanya,
  4. Berkata dengan lembut dan tenang, dan 
  5. Menjaga dan memerhatikan perasaan anak.

Seorang anak mampu berfikir dengan cepat bahwa orang tua tidak sungguhparah lagi ketika orang tua sering memberitahu tidak punya waktu luang untuk berbicara.


Rangkaian kejadian seperti ini akan menciptakan situasi negatif yang dapat menyebabkan seorang anak berfikir tidak ada gunanya berkomunikasi dengan orang tua. Akibatnya, mereka akan mengalihkan komunikasinya dengan dunia luar yang bias jadi orang tua tidak akan mampu mengontrol kegiatannya setelah itu. Dalam berkomunikasi, Komunikasi orang tua tersebut harus mempertahankan kehormatan seorang anak. Anak-anak membutuhkan bantuan dalam menempatkan perasaannya dalam banyak hal. Orang tua dapat membantunya dengan mendekap dan sepeda sebagai situasi. Orang tua perlu untuk menghindari komunikasi negative, bahwa perasaan anak laki-laki tidak boleh dibicarakan atau diungkapkan dengan orang lain.

Komunikasi orang tua terhadap anak dalam memberikan dorongan belajar belum maksimal dan kurangnya waktu dan kesempatan orang tua dengan anak membuat anak tidak lagi mempunyai niat untuk belajar, sehingga anak mulai terpengaruh dengan lingkungan disekitarnya. Bahkan hasil penelitian ini juga menunjukan ternyata orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan yang mereka kerjakan. Begitu juga dengan masalah pendidikan, orang tua kurang membicarakan masalah pendidikan dengan anak sehingga ini yang membuat dan menjadi salah satu penghalang juga terkait dengan peningkatan minat belajar anak, bahkan hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa ternyata anak-anak juga tidak selalu mendengarkan nasihat dari orang tua.

 

No comments:

Post a Comment